Segmentation
Segmentasi pasar adalah
proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa
kelompok pasar yang sekarang berperilaku seragam. Atau proses mengelompokkan
bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan pasar yang beragam.
Secara umum, tujuan segmentasi pasara adalah untuk memperoleh bagian pasar yang
mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
Pembagian segmentasi pasar secara umum, yaitu :
1.
Segmentasi Geografis
Segmentasi
Geografis adalah pembagian pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda,
seperti tempat, lokasi, atau daerah.
Daerah yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target
operasi pemasar, sehingga ibu Ratna memutuskan untuk memasarkan produk ini di Jalan
raya Sukaraja terlebih dahulu. Tapi ibu ratna mempunyai rencana untuk membuka
cabang di lokasi lain.
2.
Demografis
Sedangkan
secara demografis berarti pengelompokan pasar berdasarkan masalah kependudukan,
seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan dan lain-lain.
Berdasarkan secara demografi, makanan yang tersedia di Warteg Ibu Ratna cocok
untuk semua kalangan, mulai dari remaja, orang dewasa, sampai Lansia, Baik laki-laki
maupun perempuan.
3.
Psikografis
Kemudian
dari aspek psikografis, berdasarkan kelas sosial, makanan warteg ibu ratna melayani
kelas sosial menengah kebawah. karna ibu ratna menawarkan haega yang cukup
terjangkau.
No comments:
Post a Comment