Segmentation

Monday, December 2, 2019

Segmentation 


Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku seragam. Atau proses mengelompokkan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan pasar yang beragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasara adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

Pembagian segmentasi pasar secara umum, yaitu :


1.          Segmentasi Geografis

Segmentasi Geografis adalah pembagian pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, seperti tempat, lokasi, atau daerah.  Daerah yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi pemasar, sehingga ibu Ratna memutuskan untuk memasarkan produk ini di Jalan raya Sukaraja terlebih dahulu. Tapi ibu ratna mempunyai rencana untuk membuka cabang di lokasi lain.



2.          Demografis

Sedangkan secara demografis berarti pengelompokan pasar berdasarkan masalah kependudukan, seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan dan lain-lain. Berdasarkan secara demografi, makanan yang tersedia di Warteg Ibu Ratna cocok untuk semua kalangan, mulai dari remaja, orang dewasa, sampai Lansia, Baik laki-laki maupun perempuan.



3.          Psikografis

Kemudian dari aspek psikografis, berdasarkan kelas sosial, makanan warteg ibu ratna melayani kelas sosial menengah kebawah. karna ibu ratna menawarkan haega yang cukup terjangkau.

 

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS